DISEMINASI HASIL PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN

DISEMINASI HASIL PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN

DISDIK NEWS, Kabupaten Tabanan menjadi Kabupaten kelima yang di kunjungi oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali dalam rangka kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan yang menyasar kabupaten/kota se-Bali. Kegiatan ini dihadiri 61 peserta yang terdiri unsur muspida, perwakilan OPD, Tim TPMPD Kabupaten Tabanan dan Operator PMP.

Kepala LPMP Provinsi Bali I Made Alit Dwitama, ST, M.Pd. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan capaian peta mutu dan rekomendasi peningkatan mutu pendidikan jenjang SD dan SMP per-kabupaten/kota. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam tiga tahun ini pergerakan kemajuan mutu pendidikan di Tabanan sudah sangat bagus, sebagian besar sudah mencapai SNP 4.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan mewakili Bupati Tabanan. Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Setda Dr. I Gede Susila, S.Sos. M.Si. menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi penyelenggaraan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Tabanan sehingga memberikan kontribusi yang sangat baik di bidang pendidikan dalam mempercepat terealisasinya visi Tabanan SERASI (Sejahtera, Aman dan Berprestasi).

Pada kegiatan ini yang memaparkan hasil pemetaan mutu pendidikan Kabupaten Tabanan yaitu Dr. I Wayan Surata, S.Pd., M.Pd. dari Widyaiswara dan Dewa Nyoman Suartama, S.Pd., M.Pd. dari pengawas SMP Kabupaten Tabanan.

Pada kesempatan ini Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana, SH. M.Si., mengungkapkan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Walaupun pemerintah mendapat mandat untuk menyelenggarakan pendidikan, namun demikian tidak akan mungkin melaksanakan tugas tersebut sendirian karena lingkup bidang pendidikan sangat komplek. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pemerataan kesempatam belajar bagi masyarakat dan meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka mencerdakan kehidupan bangsa, serta bertujuan mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab, sehingga mempercepat pencapaian Standar Nasional Pendidikan (8 Standar) melalui peningkatan hasil pemetaan raport mutu satuan pemndidikan di Kabupaten Tabanan.