PERPISAHAN VIRTUAL KELAS IX SMP NEGERI 1 TABANAN

PERPISAHAN VIRTUAL KELAS IX SMP NEGERI 1 TABANAN

DISDIK NEWS, Setelah mengumumkan kelulusan siswa secara daring, kali ini SMP Negeri 1 Tabanan juga menggelar acara perpisahan siswa Kelas IX secara virtual dalam masa pandemi covid-19 pada Kamis, 11 Juni 2020. Acara pelepasan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra, SH.MM. dan Ketua Komite SMP Negeri 1 Tabanan.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini di tengah keterbatasan ruang gerak kita akibat pandemic covis-19, SMP Negeri 1 Tabanan mampu berinovasi melaksanakan acar perpisahan siswa kelas IX dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Disamping itu beliau juga menyampaikan harapannya kepada Kepala SMP Negeri 1 Tabanan dan seluruh Kepala Satuan Pendidikan di Kabupaten Tabanan beserta jajarannya, agar terus berpacu mengikuti perkembangan dunia pendidikan sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Tabanan berada pada level yang lebih tinggi dan bisa dibanggakan.
Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tabanan, I Wayan Widarsa, S.Pd., M.Pd. mengatakan, siswa Kelas IX telah menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun dan dinyatakan lulus pada 6 juni 2020.
“Kami hari ini ada acara pelepasan siswa kelas IX secara daring, sebagai bentuk apresiasi atas kelulusan mereka,” kata beliau.
Beliau mengatakan, total ada 351 siswa Kelas IX yang dinyatakan lulus tahun ini, acara pelepasan secara live di https://youtu.be/jytNHVYBjLE dimulai pukul 10.00 WITA.
Beliau menyebutkan, sangat rindu ingin bertemu dengan murid-muridnya siswa Kelas IX untuk bertatap muka langsung dan menyatakan kegembiraannya atas kelulusan mereka.
Namun, kelulusan maupun pelepasan siswa tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini mengharuskan siswa belajar dari rumah karena adanya aturan pembelajaran jarak jauh.
Acara dibuka dengan tari Bungan Sandat, yang dibawakan oleh 3 siswi SMP N 1 Tabanan. Disamping itu ada juga kesan dan pesan dari perwakilan kelas 8 dan kelas 9. Sebuah lagu juga dipersembahkan oleh salah seorang siswa SMP Negeri 1 Tabanan.
Di tengah segala keterbatasan kami dalam pengetahuan karena menjadi host dalam acara virtual adalah hal baru buat kami, namun semangat tidak membuat kami berputus asa. Meski ide perpisahan ini sangat mendadak muncul, namun kami berusaha mewujudkannya semampu kami. Semoga acara hari ini dapat berjalan dengan lancar. Kami mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan dalam pelaksanaan acara perpisahan virtual ini.